Cara Mudah Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio

Akan gunakan android studio untuk membuat aplikasi? Ketahui dahulu cara membuat aplikasi android dengan android studio ini. Setelahnya, nikmati pengalamannya.

Android studio adalah salah satu cara untuk anda yang ingin belajar membuat aplikasi. Android studio merupakan ide resmi dari google dan bisa didapatkan dengan mudah. Berbagai jenis aplikasi dapat dibuat dengan android studio. Namun, mudahkah cara membuat aplikasi android dengan android studio? Hal ini penting, agar sebelum pembuatan aplikasi, diketahui kelebihan dan kekurangan dari android studio. Penasaran? Nantikan beberapa saat lagi.

5 Langkah Membuat Aplikasi Android Dengan Android Studio

Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio 1

Setelah anda melakukan download, segera lakukan instalasi pada aplikasi tersebut. Kemudian aplikasi siap digunakan, dan ikuti langkah-langkah dibawah ini,

  1. Project Baru

Setelah instalasi, waktunya membuka aplikasi. Kemudian buat new project dan sesuaikan dengan nama aplikasi yang akan dibuat. Isikan seluruh bagian kolom yang perlu diisikan. Kemudian selesaikan penamaan dengan menekan tombol finish. Lanjutkan dengan mengarahkan ke tab activity_main.xml bila belum terbuka.

  1. Edit Pesan Aplikasi

Setelah mengarahkan pada tab tersebut, anda dapat harus memasikan bahwa tab ini merupakan tab desain. Kemudian klik textview sesuai nama aplikasi, pada properties edit text dengan menambahkan kesan pertama pada aplikasi. Arahkan kembali pada tab activity_main.xml. Dan perhatikan kembali pesan yang disampaikan di aplikasi tersebut.

  1. Tambahkan Tombol

Langkah selanjutnya  dalam membuat aplikasi android dengan android studio adalah menambahkan tombol-tombol yang dibutuhkan. Tidak perlu terlalu banyak, seperlunya saja yang dibutuhkan dalam aplikasi. Kemudian, buat activity baru dengan menekan pada bagian atas sistem file proyek dan tekan klik kanan pada app. Kemudian pilih new-activity-pilih empty activity. Ubahlah aktivitas ini menjadi secondactivy. Kemudian tekan finish.

  1. Tambahkan Method On Click

Setelah selesai, anda masuk dalam tampilan desain activity_second.xml. Drag komponen yang terdapat pada pallete ke tengah layout. Kemudian pilih komponen, masukkan dalam kolom id. Ubah textvier sesuai keinginan. Bagian berikutnya adalah pilih tab main activity.java dan tambahkan kode-kode yang perlu dimasukkan. Setelah menambahkan kode-kodetambahkan fungsi on click tombol akan berfungsi. Dalam hal ini menuju ke halaman berikutnya.

  1. Run Aplikasi

Setelah semua langkah di atas dijalankan, kini anda hanya perlu menekan icon run app. Kemudian pilih emulator, jika belum silahkan buat emulator bawaan android studio. Setelah usai, cobalah melihat perubahan-perubahan yang telah dilakukan. Bila sudah cukup baik, maka aplikasi siap untuk dipublikasikan lebih lanjut. Serta memberikan keuntungan berlimpah untuk anda.

Kesulitan untuk membuat aplikasi android dengan android studio? Tidak perlu khawatir, karena banyak orang yang mengalami hal sama. Namun setelah berulang kali melakukan percobaan, anda akan memahami penggunaannya dengan lebih baik. Jadi, sedikit saran agar tidak mudah menyerah dan terus mencoba hingga aplikasi yang diinginkan terwujud dan menjadi aplikasi kesayangan pengguna.